Tuesday, February 14, 2006

Tour D’Cianjur with Brown Sugar MTB Community

Tour D’Cianjur with Brown Sugar MTB Community

Hari Sabtu 11 Februari 2006 diselengarakan Tour D’Cianjur.

Peserta berjumlah 64 orang dari seluruh Jabotabek dan 17 orang panitia dari Brown Sugar. Wahwahwah ini mah lebih ke Jambore MTB ya?! hehehe…

Berangkat dari rumah jam 4.10, janjian sama Adit Pajak dipertigaan Xbata.

Setelah genjot dengan terburu-buru menembus kemacetan Pasar Minggu yg fly overnya bluuum jadi juga x(
akhirnya sampe juga di meeting point 1 jam 4.30

Ternyata eh ternyata Adit blum ada,,, biasa deh birokrat pajak,sibuk bowk!:p kekeke,,,

Jam 5.00 Adit nongol, dia kira gw nunggu di Masjid Duren Tiga,,wahduh dit, dit…

Langsung kita genjot lagi menuju meeting point 2 dimana APV nya P’Beben menunggu dengan jadwal jam 5.30. Setelah Subuh di Masjid Kalibata, kita berangkat ke halte UKI.’

Telat 9 menit dari flight departure, kita masih ditungguin sama P’Beben. Namanya juga APV Fans Club, jadinya harus kompak yoi!:p Untungnya qta ga ngejar APV P’Beben sampe jalan tol lagi kayak gathering b2w di Puncak xp hahaha…

Meeting point 2, gw nebeng mobil om Alfa. Kemudian kita konvoi menuju lokasi di Cianjur. Sesampainya di Cianjur, kita packing sepeda ke pick up n truk Brown Sugar.

Briefing + doa bersama dulu oleh Kang Anto, trz kita langsung lompat, Hop! Lompat ke pick up lho… bukan lompat-lompatan (mulai ga jelas deh Dhan!)

Perjalanan menuju lokasi genjot di Panyairan berlangsung selama 1 jam 30 menit. Pick up yg gw tumpangin berisi P’Suherman, Echa, Nandar, Adit, dan mas Bagas beserta 7 sepeda.

Klo naik pick up gini, gw jadi inget jaman-jaman SMP,,meskipun dikasih ongkos untuk naik bis, tetep aja gw ngebak naik truk ato pick up dari perempatan Ragunan sampe perempatan Tanjung Barat di Simatupang hehehe..

Nyokap gw baru tau hal itu setelah gw kuliah hahaha…

Dasar bocah bandel!

Berangkat dari Camp Brown Sugar di Pasir Hayang, Cianjur, jam 9.00 sampai di Panyairan jam 10.30

Pemanasan sebentar lalu siap-siap untuk berangkat. Pemanasan+pendinginan itu penting lho,,jgn sampe deh hal-hal yg tidak diinginkan terjadi gara-gara menyepelekan pemanasan+pendinginan.

Setelah absen, seluruh peserta dibagi menjadi 2 dan gw masuk dalam kelompok terakhir bersama rombongan P’Beben dan Indonesian MTB Adventure yg di komandani mas Hendra Revalino+Agung.

Tadinya gw mo genjot bareng Agung, Nandar, Adit dari Jakarta nginep di Puncak trz lgs ke Cianjur. Tapi Nyokap minta anter-jemput kantor hari Jumat jadinya mau ga mau harus mengabdi ke Orang Tua lah:)

Lain x aja ok Gung!

Jalanan datar ditengah-tengah kebun teh menghiasi awal start genjot, ga kayak di Situ Lembang yg langsung hajar bleh tanjakan full 6 km! Hahaha,, but I like it!!:p

Kemudian disambut oleh turunan dengan lobang besar ditengah-tengah jalan.

Tanpa sadar, gw memijit rem depan (tindakan yg sangat bodoh Dhan!)

Udah ketebak kan apa yg terjadi???

Yup! Betul bgt! Ban depan terkunci, dan hop,,adadadada nyungsrup dengan slow emotion.

Ga sakit sih, langsung deh lanjut melahap turunan tangga yg lumayan serem coz setelah turunan ada rumah penduduk! Jadinya harus kontrol yg maksimal.

Denger-denger nih, mas Devin nabrak rumah itu ya? CMIIW

Wah ati-ati mas! Nanti rumahnya jebol, cuma dari anyaman bambu,,, kekeke…

Turunannya kelar, lanjut deh ke hukum alam: “dimana ada tanjakan pasti ada turunan”

Biasanya hukum alam itu dipake klo menghadapi tanjakan yg panjang, supaya ada motivasi! Tapi ga berlaku deh buat tanjakan pertama ini coz bener-bener ga bisa digenjot, malah harus dipanggul,, tanjakan nya bertrap jadi tangga.

Disekitaran pabrik teh yg mirip-mirip Gn Mas, lanjut ke turunan lagi tp campur batu, dan ada bekas roda mobil yg bikin sangat tidak nyaman coz bekas roda nya dalem. Bener aja, gw melihat mas Hendra yg lagi tiduran sambil meringis kesakitan. Ternyata bukan tidur-tiduran:p tp jatoh. Duuh tampaknya sakit bgt,,gw sampe ngebayangin sakitnya. Tapi ada P’Sanusi memberikan servis ++dengan pijitan conterpain nya yg aduhai, mas Hendra kembali untuk genjot!

Hebat euy!

Mengalami kejenuhan akibat cuaca yg sangat cerah dan panas menjelang jam makan siang, ada bonussss…..!!!!! (bilang aja klo kelaperan hahaha..)

Turunan panjang tanah sejuk pula,,coz banyak pohon!!!

Semua orang pada ngebuuuuut!!!

Niat ngejar Nandar, eh tiba-tiba mas Kur berhenti dan bilang,,waaa nemu HP siapa nih jatoh??

Karena gw dah ga sempet nge rem, lanjut menyusuri turunan panjang,,,ngebuuut abiiizzzz!!!

Di suatu belokan tanah yg licin, ada sebuah bapak-bapak,eh salah,,, sebuah motor yg melintas. Karena kaget, gw malah ngesot jatoh! Ga tau kenapa, apa karen licin ato ban skid ato handling yg payah tp tiba-tiba gw terkapar dengan posisi korban:

- pipi kiri menyium tanah

- bahu sampai lengan kiri tertindih oleh badan yg menyamping+sepeda yg masih menempel

- paha terlihat memar

Setelah meraba tidak ada tubuh yang mengalami perubahan bentuk, gw langsung genjot lagi. Tapi ternyata dari bahu sampai lengan, sakit luar biasa. Memar bowk!

Perjalanan masih jauh, baru jam 11.40, masih ada 6 jam lagi sampai finish. Cuek aja tetep genjot euy!!

Lagi enak-enak diturunan, “nemu” Sunu yg teriak :”ada pompa ga??”

Langsung aja gw berhenti n nemenin dia ganti ban yg bocor. Sunu jago bgt ganti ban! Cepet, ga sampe 5 menit jadi. Bisa ikutan jadi kru pit stop nya Ananda Mikola tuh! Hahaha….

Jam 12.30 sampe juga di Pos 1, makan siang!! Asik-asik makaaaaan!!!

Biz makan n Sholat, kita langsung siap-siap berangkat.

Tapi sayangnya gw ga sempet menikmati air terjun disana, padahal kelihatan dari atas keren bgt!!! Yaaaah gw nyesel ga kesana!

P’Beben dan Om Alfa sempet mandi bareng disana dan didokumentasikan oleh mas Odel hahaha…

Pantesan ditungguin dari tadi, sepedanya ada tapi orangnya pada kemana ya??

P’Beben dan Om Alfa dah siap lagi, kita lanjut genjot dan Yasser sempet-sempetnya nyundul genteng rumah orang kekeke…

Foto-foto dulu sebentar, lalu langsung wuss-wuss mas Devin+mas Sigit melahap turunan. Giling bgt dah! Langsung pada ngilang!! Gw sama Adit dah berusaha ngejar diturunan tapi alangkah tiada daya minim pengalaman dan tehnik diturunan,

apalagi spek sepeda yg beda jauh...

Begitu ketemu tanjakan, langsung NOS+turbo dengkul gw aktif dan bablas genjot konsisten. Kayak mesin diesel, tanjakan gw konstan, ga bisa digeber abis coz takut keabisan nafas.

Kata orang jawa: pelan-pelan asal kelakon:p hehehe...

Si Adit seneng bgt bisa nyusul mas Sigit (padahal RD nya mas Sigit lagi rusak, pantes melambat), begitu juga gw yg ikutan nyusul tp mas Devin dah ilang entah kemana,,,

Malah jadi semangat klo ngikutin mas Devin! Genjot teruuuuzzzz padahal itu puncaknya tanjakan tp mental yg main disini, mungkin klo ga ada yg ngomporin, gw juga bakal istirahat dulu bahkan TTB di tanjakan ini.

Setelah istirahat sebentar, kita lanjut menuju Situs Megalitikum.

Nah ini dia super keasyikan main di Panyairan!

Bonus double boz!

Turunan single track panjaaaang bgt, tanah kering, wuiiiih enak bgt bwt ngebut apalagi klo didepan kosong. Bablas disini!! Hebat-hebat!!

Sampe juga di Situs Megalitikum, sepeda nitip di pintu masuk n kita naik tangga ke lokasi Situs. Tangga nya terdiri dari batu yg berbentuk balok yg masih asli blum mengalami perubahan.

Busyeeet nih tangga mirip-mirip Imogiri, bedanya di Situs ini tangga nya purba juga, bikin parno klo ngliat ke bawah.

Setelah foto-foto di Situs, kita turun ke bawah. Mas Devin n mas Sigit malah bawa sepedanya ke atas Situs! Ckckck bawa badan aja berat,apalagi +sepeda!

Baru kali ini ngliat lokasi situs purba yg masih asli. Susunan batu-batunya yg biasanya kita liat di buku-buku pelajaran sejarah di SMA/SMP, sekarang bisa diliat betulan.

Setelah melihat situs, ternyata ada kejadian yg tidak diinginkan telah terjadi. Ada salah satu rekan yg jatuh di turunan panjang tadi. Helm Prowell nya retak, hampir terbelah

Rim WTB penyok, melengkung, kayak kecelakaan motor yg velgnya menyerupai angka 8.

Tapi yg gw salut, dia ga papa! Malah pengen genjot lagi tapi apa daya sepedanya tidak memungkinkan. Hebat banget om!

Tampaknya hari mulai sore, lalu kita lanjut genjot dan mencapai lokasi finish daerah offroad beberapa puluh menit kemudian.

Setelah itu lanjut genjot di aspal. Cuma 4 km dengan turunan yg super dhasyat!!

Bablas genjot di turunan yg banyak lubang dan kerikil, denger bunyi rem mendesit,,,

Ternyata mas Devin dan P’Ozy yg lagi kebut-kebutan berdua aje niyh,,,

Ga tau nih, nyali gw kurang PD untuk turunan yg tampak berbahaya kayak gitu…

Turunan pun habis, dan menjumpai pertigaan dimana ada truk yg menunggu untuk evakuasi ke lokasi camp awal. Tapi P’Sanusi bilang: “lanjut nih?” dan Agung pun OK untuk lanjut, akhirnya gw ikutan deh.

Bersama mas Denny, mas Hendra, P’Sanusi, Agung, Nandar, beserta 2 orang teman Brown Sugar, langsung menghajar aspal dengan turunan belokan curam +beberapa tanjakan aspal mirip klo mo ke Sukamantri.

Tampaknya sepeda-sepeda fullsus tidak bisa melahap tanjakan (pengecualian untuk Agung dimana tanjakan Ngehe1+2 dibabat abiz)

Udah pake sepeda downhill, kekecilan pula, Agung balap-balapan sama 2 rekan dari Brown Sugar,,gw cm ngikutin aja jaga jarak dibelakangnya.

Pas lagi santai, tidak disangka tiba-tiba kaki gw kram,katanya kurang minum air.

Istirahat sebentar,ditemenin Nandar, kita lanjut gejot ke Camp. Tidak terasa aspal sepanjang 26 km bikin laper. Di pertigaan ke arah Bandung dan Cianjur Kota, kita istirahat, ngejarah makanan di warung.

Eh ga taunya pas kita lanjut genjot, cuma 100 meter kemudian udah keliatan base camp finish di Pasir Hayang,, yaah tau gitu mending makan disana,kirain masih jauh x(

Maklum ga ngerti jalan hehehe…

Finish jam 18.00 langsung makan mie ayam n siomay,laper brath!!

Pulang menuju Jakarta, Tanjung Barat tercinta via Puncak. Makan malam di sate Shinta,,lalu pulang bareng Om Alfa beserta Adit n Sunu.

Sampai rumah pukul 22.10,,,

Speciall thx untuk om Alfa dan P’Beben yg dah ditebengin hehehe…

dan rekan-rekan mtber yg ikut di petualangan dahsyat ini:)

Dan ucapan terima kasih yg sebesar-besarnya buat kang Anto dan rekan-rekan Brown Sugar yg kompak dan hebat bgt mengawal 64 bikers!

C u in the next adventure!

|