Monday, February 20, 2006

Menelusuri Jalur Pipa Gas, Hutan UI-Serpong

Wahduh ini baru bener-bener touring yg memakan banyak korban, sampe perjalanan molor hingga 5 jam!

Korban-korban yang berjatuhan:
  1. Nirwana, Dame, Ucok, Adi, dan gw sendiri lecet-lecet+jatoh. Klo gw luka nya ga penting bgt coz dikirain semak-semak, gw bablas aja eh ga taunya pohon tumbang:'( waaaaa.....
  2. Adi kram paha kanan;
  3. Bambang, anting rear end patah;
  4. Adi lagi, rantainya putus.

Flashback....

Hari Minggu pagi kemarin, janjian mo ke UI bareng-bareng temen bike2work.
Jam 7.10 berangkat dari rumah,,karena genjot santai, alhasil sampe sana jam 7.22
Karena takut tlat, gw langsung menuju ke tempat freeride hutan UI.

Sampai ke tempat freeride, ketemu bikers dari Cinere dan pernah ketemu di Cianjur n Puncak.
Setelah semua personil Bike2Work lengkap, kita berangkat menembus belantara hutan UI.
Nirwana, Ucok, Adi, Bambang, Dame, Alan+Shanti, dan Fikri yang tanpa helm langsung mengikuti gw di
belakang,,,
Kali ini, gantian gw yang jadi guide di hutan UI,,maklumin aja,dulu sempet terobsesi kuliah disini tp Alhamdulillah malah dapet di STAN hehehe...
Ga nyambung yak:p

Rintangan pertama ialah switchback, yaitu berupa turunan yg berbelok ke kiri dan langsung menghadapi tanjakan 45 derajat!!
Sebagai guide, tentunya gw PD bgt dunx! Ternyata malah gw ga PD gara-gara dah jarang main di sini,,, Adi, Dame, dan Bambang sukses!!! hebat euy!!!:)

Oia, baru 1 kali di Hutan UI badan gw berasap! wahduh lagi HOT!:p hehehe...

Setelah foto-foto di switchback, kita lanjut genjot menghadapi rintangan kedua.

Turunan kesatu berupa 2 tingkat turunan menuju danau UI + langsung balik arah naik ke atas lagi yang berupa tanjakan curam sekitar 60 derajat dan panjang hampir 3 meter!! Believe it or not but u must see n try it!
Dengan sukses gw memberi contoh yang buruk:(
Baru nanjak 2 meter, sepeda dah turun lagi karena tanah yang licin karena diguyur hujan semalam.

Memang ciri khas track Hutan UI yang licin setelah hujan dan susah untuk kering karena lebatnya pepohonan disana.

Merasa tidak ada yang sanggup untuk menggenjot atau menuntun sepeda untuk kembali keatas, maka kita menelusuri danau dan tidak menikmati turunan danau kedua tetapi lanjut keatas untuk melahap hutan UI dan menuju turunan danau ketiga.

Diturunan ketiga ini merupakan turunan yg cukup menegangkan dan bikin nyali ciut:-s
Soale turunane sangat curam dengan panjang hampir 4 meter, kecuraman
sekitar 45 derajat dan langsung berhadapan dengan danau!
Jika pengereman dan kontrol kita kurang mantap, siap-siap aja nyebur ke danau,,,jarak antara akhir dari turunan menuju danau, hanya sekitar 2,5 meter.
Bener aja, Alan dan Adi jadi korban diturunan ini karena rem yang terlalu mengigit (emangnya gigi! hehehe...) jadinya ban belakang skid, ngepot n jomplang,,,kedebug!
Malah Nirwana dan Shanti ga bisa ngerem dan langsung ditahan sama teman-teman yang lain saat mendekati danau,,
hiiii untungnya ga kecebur...

Setelah itu, lanjut memasuki hutan kembali dengan kontur tanah yang licin dan banyak tanjakan yang pendek, sekitar 50 cm tp bikin tenaga abizzz...

Finish jam 9.00 dengan badan dan kaki penuh lumpur, gw, Adi, Ucok, Bambang, Dame, dan Nirwana melanjuti perjalanan menelusuri Jalur Pipa Gas menuju track JPG Serpong sedangkan teman-teman yang lain berpisah di jalan.

Perjalanan menuju Serpong diawali dengan jalan aspal sambil mencari-cari dimanakah letaknya Pipa Gas di Depok...?

Sambil menerobos perkampungan dan komplek perumahan, kita teruz mengikuti arah dari Pipa Gas sampai bertemu dengan turunan panjang yang tertutup alang-alang.
Sesampainya diakhir turunan, ternyata ada sungai!
jalan buntu!
dead end!
end of the road!

Bingung mo ngapain karena cuma ada jembatan bambu yang sudah sangat rapuh disambung dengan besi selebar 2 jengkal dan tanpa pegangan!

Kenapa ya ko gw parno bgt sama yang namanya ketinggian,,,,
ngebayangin lagi aja tangan gw dah keringetan....

Untungnya sepeda gw dibawain Bambang, seorang bikers dari Pondok Kopi yang baru berumur 16 tahun...
Dia kuat bgt bawa sepeda 4 biji...

Akhirnya lewat juga deh jembatan menyeramkan itu,,kita kembali nanjak menembus alang-alang. Klo jalan yang dah tertutup alang-alang kayak gini, ga terasa dah berapa meter kita jalan tp ko ga nemu peradaban manusia sama sekali.
disekeliling cuma terlihat alang-alang dengan tinggi 2 meter.

Beberapa puluh menit kemudian, ketemu juga jalan....!! Horeeee!!
Sekeluarnya dari alang-alang tadi, betis dan tangan beset-beset semua.
Hansaplast nya Nirwana dan Dame langsung ilang tersangkut alang-alang.

Istirahat sebentar, kita lanjut jalan. Ternyata kita berada di dalam komplek Bukit Modern Pondok Cabe.

Kembali menuju pipa gas, tiba-tiba kaki Adi kram dan kita istirahat lagi..
Sepertinya kram gara-gara dehidrasi coz dia cuma bawa H2O 600ml.
Sedangkan gw bawa 2 liter H2O!! Itu juga dah hampir abiz,,, pengalaman buruk di Cianjur akibat dehidrasi, ga mau diulangin lagi dah,,, kapok bowk!

1jam kemudian, kita menembus perumahan Pamulang Estate,,
Jadi inget, dulu setiap Sabtu n Minggu sering kesini:p
ngapain hayo...?? hahaha...
Coba aja dengerin lagunya Sandy yang Sabtu-Minggu, pasti tau.
Tapi udah lewat tuh, ga usah dipikir deh, dia juga ga mikirin gw!
Lho ko ngelantur jadi curhat?!

Karena kehabisan air, kita berhenti mencari warung di Pamulang.
Langsung kita bli 1 galon air!!
wuiih kayak abiz dari gurun, waktu sudah menunjukan pukul 12.00...
perut teriak-teriak minta makan, cacing didalam tubuh sudah kelaparan hehehe...

Eh ada lagi musibah, anting rear end sepedanya Bambang putus, terpaksa dia pake single gear dan ga bisa genjot lagi karena rantainya juga kering terkena lumpur.

Sesampainya di jembatan Jalur Pipa Gas Serpong, sungai yang membelah jalan meluap sehingga tidak tampak jalan setapaknya. Disana kita bertemu dengan MTBer PJMI, yang baru pulang dari touring ke Cihuni. Dan juga bertemu seorang gadiz yang hitam manis menurut Ucok, malah Ucok semangat bgt bwat gendong dia nyebrang sungai hahaha...

Beberapa menit kemudian, kita lanjut menuju bengkel sepeda Roda Jaya dengan maksud betulin sepedanya Bambang.
Apesnya, parts yang kita cari ga ada disana, dan harus cari ke Rodalink,,,
waaaa.... genjot lagi deh:(

Untungnya di Rodalink ada Mas Rully, manager nya Rodalink BSD. Karena sudah akrab, jadi enak deh dibantuin servis sama mekanik Rodalink disana. thx a lot ya!!

Tujuan menjajal track JPG gagal karena sudah jam 16.00
ditengah guyuran hujan, kita menuju kampus almamaterku tercinta, STAN Bintaro untuk makan siang di Ce Ikin jam 16.20 hahaha,,, telat bgt!

Sehabis Ashar di Masjid An-Nasr, bergegas kita pulang lewat tanjakan Deplu.
Anter Nirwana pulang di Pondok Pinang, setelah itu lanjut lewat Simatupang.

Ditengah jalan kembali korban berjatuhan,,,
Rantainya Adi putusdi Fatmawati!
Ucok yang sedang bersama Adi dibelakang tidak bisa menggunakan tools yang dia punya,, waaaah punya alat tapi ga tau cara makenya kekeke...
Akhirnya gw, Bambang, dan Dame yang dah sampe Cilandak, balik lagi ke Fatmawati...

Di perempatan rel kereta Tanjung Barat, kita pisah.
Gw ke kanan, Ucok lurus dan sisanya menuju Pasar Minggu...
Sampe rumah jam 19.30 dengan baju yang telah kering kembali terkena angin malam...

C U guys @Puncak next week!

ps: klo gw dibolehin sama Nyokap coz dan 2 bulan ini setiap weekend ga pernah dirumah hehehe...