Friday, May 26, 2006

Klapa Nunggal, Pesen Batu Kapurnya Satu Ya Mang!

Woooow…!! Hari Kamis tanggal merah kemarin, gw beserta 4 orang Tanjung Barat Team a.k.a. Warrior berangkat menjelajah menuju Klapa Nunggal, Kabupaten Bogor.

Akhirnya sepeda gw sembuh juga,,, setelah vakum selama 2 minggu. Mungkin ini pula yang menyebabkan fisik gw nge drop….

Berangkat pukul 07.00, kita gowes menuju Klapa Nunggal dengan rute: Tanjung Barat-Depok-Cimanggis-Cibinong-Klapa Nunggal.

Setelah sampai Klapa Nunggal, kita berhenti sejenak untuk membeli perbekalan karena di daerah pertambangan kapur di Klapa Nunggal tempat tujuan kita hari itu, tidak ada warung kelontong. Walaupun ada, namun sangat jarang sekali.

Oia, Klapa Nunggal itu merupakan daerah pertambangan kapur untuk pabrik Semen Cibinong dan Holcim. Akan tetapi, penambang di daerah ini sangat tradisional dan merupakan mata pencaharian penduduk sekitar selain bertani. Beberapa kali terdengar ledakan bom untuk menghancurkan tebing-tebing kapur,,, hiiiiiiii serem ada teroris di gunung! Wakakaka...

Tujuan kita merupakan pegunungan hutan dan kapur di Klapa Nunggal yang mencapai ketinggian hampir 1000 meter Diatas Permukaan Laut (DPL).

Karakteristik medan di daerah ini merupakan 40% tanah dan 60% batu karang kapur.

Saking tajamnya batu karang yang menjadi “aspal” jalan ini, menyebabkan ban gw bocor 2x!!

Wah rekor bocor paling banyak di sejarah gowes gw!

Dengan variasi 50% tanjakan, 40% turunan, dan 10% flat, mengakibatkan tenaga kita diporsir habis!! Apalagi ditambah tanjakan yang terdiri dari batu karang yang labil karena belum banyak kendaraan yang masuk kesini.

Langsung di fast forward aja yah!

Setelah melalui pegunungan tambang kapur dan berfoto di tebing alam tempat latian panjat tebing pecinta alam serta melalui hutan yang banyak sekali kupu-kupu yang sangat indah, kita sampai juga di puncak perjalanan.

Pos 1 ini merupakan warung kecil didaerah pegunungan Klapa Nunggal.

Waktu menunjukan pukul 12.30, menggowes sepanjang lebih dari 46 km…

Telah 1,5 jam beristirahat dan mengeringkan pakaian serta sholat dan nge set sepeda, kita berangkat menuju tempat finish di desa Pabuaran, kecamatan Sukamakmur, Bogor.

Ternyata di depan sudah tampak tanjakan karang yang kembali menunggu kita,,,,

Walaupun berketinggian hampir 1000 meter dpl, tetapi cuaca disini sangat panas, beruntung pada siang itu matahari tidak terlalu menyengat.

Waaaaah akhirnya lepas juga dari tanjakan karang dan giliran melahap turunan kapur.

Tetapi ga bisa ngebut-ngebut coz ban belakang gw dah hampir sobek gara-gara batu karang ini.

Mungkin pagi penggemar downhill, turunan ini sangat menyenangkan karena sangat curam dan disertai batu kali yang bergelondong-gelondong serta jalur air.

Tapi siap-siap aja melalui tanjakan yang hampir ga bisa digowes hahaha…

Tampaknya baru kita doang deh yang naik sepeda didaerah ini soalnya ga ada jejak ban sepeda ato motor…

Jangankan motor, jalan kaki aja udah capek disertai tanjakan tanah dan batu kali yang masih bulet-bulet dan siap jatuh klo meleset…

Oia ketika berada di cekungan antara turunan dan tanjakan, kita menjumpai sungai yang sangat indah yang merupakan keajaiban alam ciptaan-Nya.

Alirannya seperti dibuat terrasering dan terdapat muara seperti kolam dari batu yang ber trap-trap yang sangat jernih…!

Sayang karena sudah terlalu sore, jadi ga sempat foto-foto pake hape coz kamera gw batrenya abizzzz…..

Waaaah akhirnya kita nembus juga ke jalan aspal setelah 20 km beroffroad ria….

Tempat finis di jembatan desa Pabuaran pukul 16.30.

Dari sana kita pulang diangkut pick up karena hari sudah petang….

60an kilometer, 7 jam gowes, 1 jam istirahat, 1 jam betulin ban bocor 2x, nambel ban dan benerin disc brake yang ngadat, sampai juga di akhir perjalanan.

Capek, puas, dapet satu lagi daerah pegunungan yang gw jelajahi…

Thx a lot bwt P’Wahju b2w, Eko Warrior, Agus Warrior, Bambang Brondong bwt supportnya!J

Next trip: diklat prajabatan Depkeu di STAN Bintaro, asrama dari 29 Mei-7 Juni. Berangkat kesana hari Minggu ini tetep gowes dari Tanjung Barat dan mampir dulu oprod di Jalur Pipa Gas Serpong, lalu check in di asrama.

Doain semoga sukses yaaaah!!

Tapi sayang, disana ga ada fasilitas internet….terpaksa vakum dulu ya.

Klo ada waktu senggang, disempatin mampir ke warnet deh;)