Monday, March 13, 2006

Endurans MTB Race Jatiluhur

Hoay!
Kali ini ikutan kejuaraan Mountain Bike di Jatiluhur yang diselenggarakan Pelopor Adventure Camp pimpinan Om Alfa.
Hasil dari latian bike2work Tanjung Barat-Lapangan Banteng 2x seminggu harus segera dipraktekin niyh!

Sabtu pagi, 11 Maret 2006

Berangkat hari Sabtu jm 09.15 dari rumah Agus naik taksi dengan membawa 3 sepeda, 2 tenda, 3 backpack, 1 sleeping bag dan juga ada pak Acun, Agus, Bambang dan gw tentunya.
Baru kali ini mo MTB tapi naik taksi hehehe...

Sampe di Jatiluhur jam 11.00 dan jalan kaki dari service camp ke Camp Jatiluhur sepanjang 700 meter tanjakan dan berbatu sambil manggul sepeda!
Soale mobil sedan ga bisa ke Camp Jatiluhur karena medan yang cukup berat.

Sampe di Camp Jatiluhur, kita bertemu Pak Djati, tim Jambi, dia bilang: mo langsung tes track?
Oalah paak! Baru aja sampe udah disuruh tes track:-s
Ternyata Ikun, juara nasional 2005, lagi tes track sebanyak 'hanya' 7 lap!

Setelah mendirikan tenda, Dame dateng dengan menggenjot sepeda dari stasiun Purwakarta.
Kemudian Adit+Nandar dateng juga dengan naik bis karena sepeda mereka dititip sama mobil Om Alfa yang datang beberapa menit kemudian.

Makan siang dulu, kemudian Dame dan Agus mulai tes track.
Pukul 15.00 gw, Agus, Bambang, Dame mulai tes track,,,baru 2 lap, gw dah kecapen coz baru sekali main di Jatiluhur dan sprint teruzzzzzzzzzzz...

Karakter Track Jatiluhur
Karateristik dari track ini dimulai dari start 100 meter jalan berbatu lurus sedikit menanjak dan turunan dan U turn di jalan tanah. Disini peserta bisa mencolong posisi dengan full sprint.
Lanjut ke beberapa turunan-turunan curam dan drop off kearah kubangan lumpur yang kemudian menanjak sepanjang 10 meter disertai variasi cross country yang lebih enak jika full speed ahead.

Menuju pinggir waduk yang terletak dibawah jurang, didahului oleh turunan panjang dan langsung menanjak ke pinggir waduk. Disini handling sangat berpengaruh coz klo badan bagian atas kita lemah, bisa kecebur! Brrrrr....

Terdapat sesi untuk mengambil nafas karena jalan datar dipinggiran sawah.
Sehabis jalan datar rumput tersebut, tersedia got lumpur selebar 30 cm yg menyerong dari track sehingga dibutuhkan tehnik yang baik dan power tetapi jika merasa tidak mampu, lebih baik memanggul sepeda dan genjot lagi (gw bangetz!:p)

Selanjutnya menembus hutan jati dan dipinggiran track terdapat alang-alang dengan tanjakan 'ngehe' versi Jatiluhur. Tanjakan ini berbelok dengan tanjakan yang sangat curam sepanjang kurang lebih 60 meter. Setelah itu dimulai lagi variasi cross country dengan terdapat 1 rintangan yang sangat menantang berupa turunan 3 tingkat penuh lumpur dan kubangan lumpur.

Turunan pertama sepanjang hampir 1 meter, sangat vertikal dan lanjut ke turunan kedua yang lebih panjang tetapi sama curamnya dengan ending turunan berupa kubangan lumpur.
Nah ini dia turunan ketiga sepanjang lebih dari 2 meter dan sangat berlumpur serta kubangan yang sangat gembur kemudian langsung menanjak dengan lumpur yang sangat licin.
Setelah itu menembus hutan jati lagi dengan tikungan 90 derajat dan kembali ke tempat finish.

Panjang track Jatiluhur sekitar 2 km yang sangat menantang.

Pada lomba ini dibagi 8 kelas:
  6. Senior A: Usia 19-25 Tahun = 6 Lap
  7. Senior B: Usia 26-35 Tahun = 5 Lap
  8. Elite (khusus atlit) = 8 Lap
(disusun berdasarkan waktu start masing-masing kelas)

Udah ditebak gw masuk kelas Senior A yang harus melahap 6 lap!! giling!! 2 lap aja gw mengap-mengap.
Sebelum kita tes track, tim ISSI Jabar lebih dahulu masuk track dengan 3 pembalap wanita dan kenalan juga sama Intan, yang masih kls 1 di SMA Taman Siswa Bandung:p hehehe...

Intan in action

Setelah tes track kita bertemu Ready+Boy serta Agung yang mo tes track.

Malam menjelang, kita siap-siap istirahat. Biz sholat, kita bakar api unggun di deket tenda untuk memasak telur, mie dan sekalian mengusir nyamuk.

Ternyata bekal nasi dari Nyokap masih ada (thx ya ma!), jadi gw makan nasi aja dan tidak makan mie coz ga kenyang kekeke...

Pukul 21.15 dateng Wrangler, ternyata Pak Jo, mas Sigit, Devin, dan Supri.
Tadinya ditawarin untuk nginep di hotel tempat mas Sigit tapi pengen ngerasain tidur di tenda dalam hutan Jatiluhur.

Akhirnya tidur juga jam 22.30 disertai udara yang panas.
Oia gw dah bawa sleeping bag cape-cape,eh malah dipake Walangkeke yang tidur duluan...
yah gapapa lah, kasian juga dia cuma pake jersey+bicycle pants.

Minggu, 12 Maret
Bangun jam 05.00, setor tabungan dulu trz mandi dan langsung pake jersey lomba padahal gw baru start jam 11.45:p

Beres-beres tenda dan siap-siap sarapan jalan kaki ke bawah, ke arah pasar. Bambang cuma sarapan telus dan roti coz dia turun kedua dikelas Junior.
Setelah sarapan nasi bareng Dame, kita balik ke Camp.

Ternyata daftar ulang peserta lomba dah dimulai dan gw ngantri untuk daftar dan dapet bingkisan dari sponsor serta dapet nomor start 108.

Sepeda di scrutined, tinggal goes. Pak Wahju, Tika, Nirwana, Ucok, mas Anto, Eko dan mas Dodo datang. Karena sproket gw dah oblag, gw tuker rim dengan sepedanya Pak Wahyu.
Setelah dituker, sepeda langsung mantabzz!

Rim Araya, hub XT, sproket Shimano Megarange dan settingan ban gw pake Schwalbe Skinny Jimny 1.90 depan, Maxxis Medusa 1.80 dibelakang.

Bambang mulai start pukul 09.00, dan tadinya perserta newbi kayak gw, Bambang, Dame, Adit, Ucok pada nervous ngadepin pembalap-pembalap yang kuenceng banget!
Malahan si Ucok saking gugupnya bolak balik ke WC n terus-terusan ngunyah kacang hahaha...

Bambang tadinya pesimis, tapi dia berhasil melahap 3 lap di kelas Junior dengan finish diurutan 13! Hebat euy!!

Kemudian tidak terasa kelas Senior A dimulai, setelah mendapat settingan yang pas, tiba-tiba pas lagi jalan menuju lokasi start, rem belakang blong tersemprot pelumas!
Waaaaah gw panik! Tapi dibantu Agung, rem disc belakang kembali menggigit.

Tiba di lokasi start, ternyata dapat barisan belakang:(
begitu bendera start dikibarkan, langsung aja gw sprint mengoprek kedepan dan di tikungan pertama gw dapet di 15 besar dari sekitar 40an peserta di kelas ini.

Peserta lomba saling senggol berebut posisi di awal-awal lomba setelah melalui turunan dan kemudian tanjakan, ternyata biker di depan nuntun!
Yaaaah! Terpaksa gw nuntun juga...

Tapi gw sempet nyalip 2 orang di tanjakan sambil nuntun lari. Tapi di lumpur, disalip 5 orang gara-gara licin n sempet tergelincir.

Tanjakan ngehe juga nuntun coz masih berebut posisi dan di puncak tanjakan ada mas Anto dan Eko yang supply Pocari Sweat + badan gw disiram supaya seger.

Setelah garis finish lap pertama, ada mas Hendra Revalino, Yano, Loedi, Pak Sanusi dan Pak Soegeng dari Indonesian MTB Adventure yang ngasih supply lagi. Wuidih nikmat dapet 2x supply dalam 1 lap!

Tapi karena sempat tergelincir di turunan bambu, posisi gw melorot.
Motivasi tetep kuat, gw lanjutin perlombaan sampe lap ke 5 tetapi mo lanjut ke lap 6, gw di stop sama panitia karena juara 1-5 sudah finish.

Waaaaa bener-bener ga nyangka dapet 5 lap! Padahal pas latian tes track, cuma dapet 2 lap.
Sebenernya gw masih ada tenaga untuk menyelesaikan 6 lap coz makin lama, badan makin terbiasa sama track ini.

Adit yang start bareng gw, kena kram di lap ke 2 gara-gara kurang pemanasan.
Ucok di lap 1 udah nyerah gara-gara kepentok itunya 2x hahaha...

Agus, mas Devin dan Supri'Walangkeke' yang turun di Senior B dapet 3 lap dari 5 lap yang ada.
Agung yang juga turun di kelas yang sama dapet juara 5.
Hebat Gung!

Biz lomba, langsung cuci sepeda. Sepedanya belog banget!!
Jadi inget kata-kata Ikun waktu ketemu di Formalin: "cuci sepedanya nih Dhan"

Oia Ikun dapet juara 3 di kelas Elite.
Congrats Kun!

Setelah nunggu doorprize, yang dapet malah Adit, Ucok, sama Walangkeke, kita langsung pulang.

Btw Intan dapet juara 2 di kelas Women, selamat ya!
Bambang kayaknya ngebet banget sama dia hahaha...

Tadinya gw jiper ngadepin lomba ini tapi sekarang malah ketagihan pengen ikutan lagi! Seru bowk!

Selain itu terdapat korban berjatuhan:
  • Sproket oblag
  • Rem belakang rusak
  • Roda depan oblag
Memang Gary Fisher ini bukan settingan untuk lomba, cuma forknya doang yang cakep buat lomba:D lha wong gaji magang 3 bulan cuma buat bli fork doang kekeke...
Gary Fisher ikutan bike2work aja deh

Ringkas cerita, setelah ga dapet doorprize, kita pulang kerumah dan sepeda gw nitip dirumah Agus karena rontok bro!

Thanx buat: Pak Acun, Agus, Bambang, Dame, Adit, nandar+Walangkeke yang udah barengan dari hari Sabtu.
Pak Wahju, Tika, Nirwana, mas Dodo, Mas Anto, Eko buat tumpangan dan supply logistic selama lomba.
Agung dan kang-kang dari Wanadri, Mas Hendra, Mas Yano, Mas Loedi, Pak Sanusi, Pak Soegeng yang dah ngasih supply tambahan di lokasi start.
Dan juga Om Alfa serta Pelopor Adventure Camp yang sudah menyelenggarakan event ini dengan sukses walaupun gw ga dapet doorprize:p hehehe...
dan buat rekan-rekan MTBer Thx ya!